Rafting for Kids

Ide Awal
Liburan kali ini spesial buat kami karena kebetulan beberapa sepupu ngumpul di Jakarta (Mama saya merupakan keluarga besar, Kakek dan Nenek saya punya 10 orang anak, 21 orang cucu dan 17 orang cicit) sebagian besar tinggal di Payakumbuh, nah kebayang kan kalau lagi ngumpul rame banget. Setelah ngobrol2 muncullah ide buat rafting mumpung lagi rame.

Sebelumnya saya pernah rafting dengan beberapa operator seperti Riam Jeram di sungai Cicatih, ataupun Arus Liar dan Caldera di Sungai Citarik tetapi dahulu kala waktu masih single. Tadinya agak ragu juga apakah anak2 bisa rafting atau gak. Karena rombongannya kebanyakan justru anak2, kan gak seru kalau anak2 cuma jadi tim hore.

Mencari Operator
1 minggu sebelumnya mulailah browsing operator2 rafting di Citarik, mengerucut pada Arus Liar dan Caldera. Sempat ada juga wacana untuk rafting di Sungai Cisadane, biar tidak terlalu jauh sampai Cikidang, Sukabumi, tapi gak nemu paket buat anak2nya. Untuk yang di Citarik, harga paketnya sih gak beda jauh dari dua operator ini, terkadang ada
 promo atau kerjasama CC sehingga bisa diskon.

Akhirnya kami memilih Caldera untuk rafting kali ini. karena ada paket 'Baby Salamander' untuk anak usia 4-9 tahun dengan harga paket yang ditawarkan Rp. 190rb termasuk peralatan, guide, asuransi dan makan siang.

It's time for rafting
Setelah payment selesai, seluruh tim diajak untuk memakai peralatan mulai dari helm, pelampung (life jacket) untuk paket ini tidak memakai dayung, karena yang akan mendayung adalah guide/skipper. Berbeda dengan paket dewasa, tiap orangnya memegang dayung. lalu ada sedikit penjelasan dari pemandu dan berdoa bersama. Tim kami dibagi menjadi 4 perahu, 2 boat dewasa 2 boat anak, yang dewasa 2 boat mengambil jarak 9km dan menuju starting pointnya pun harus naik truk lagi.

Untuk paket baby salamander ini starting point dan finish dikawasan Caldera ini sendiri. Saat sudah naik perahu, pemandu mendayung perahu menuju bawah jembatan, sesampainya disini anak2 boleh turun dari perahu dan bermain2 air disini sambil menunggu tim dewasa melintas lalu sama2 menuju tempat istirahat.

Disini anak2 senang sekali karena para pemandu sangat interaktif dan informatif dalam menerangkan biota Sungai. Kami bertemu dengan biawak, kepiting sungai dan kupu2 yang cantik sekali.

Begitu tim dewasa lewat, kami sama2 lanjut mengarungi sungai, menuju tempat istirahat minum teh hangat dan makan jagung rebus. setelah istirahat sekitar 10 menit, lanjut naik perahu lagi,  untuk tim anak melewati 1x jeram dan finish sedangkan perahu dewasa masih harus mengarungi Sungai. Saat di jeram ini, ada fotografer dari Caldera yang sip menjepret ekspresi kami melewati jeram. sayangnya untuk foto belum termasuk dalam paket, per boat Rp. 150rb (foto2 diberikan dlm CD)

Total jeram Sungai yang dilewati 'Baby Salamander' ada 2. Saat kami rafting, arus Sungai tidak terlalu deras dan pemandu pun menyatakan aman untuk anak. Sehingga saya pun yakin untuk mengajak anak saya yang berumur 26 bulan untuk ikut rafting.

Kegiatan Lain
Sesudah rafting, dipersilahkan makan siang, makanannya enak dan view restorannya langsung ke Sungai.
Oiya untuk kamar bilasnya banyak dan bersih.

starting point baby salamander





Setelah makan siang, Tim dewasa lanjut untuk Paintball. untuk menuju tempat paintball melewati jembatan gantung melintasi Sungai. Disini juga ada penginapan, maupun paket untuk camping.

Penutup
Menurut saya 'Baby Salamander' ini cocok untuk mengenalkan arung jeram kepada anak. Pemandunya sangat sigap dan berpengalaman, selagi mengikuti standar keamanan, rafting ini aman untuk anak.
Tips jika ingin PP dari jakarta, berangkat subuh.








Komentar

Postingan Populer